Track Link

Fungsi track link

Track link berfungsi sebagai merubah gerakan putar menjadi gulungan dan empat tumpuan dari track roller sehingga memungkinkan unit dapat berjalan. Komponen-komponen utama dari track link terdiri atas: link, pin, bushing, dan seal ass’y. Track link terdiri dari dua tipe, yaitu: sealed and lubricated type track dan grease sealed type track.

track link

Link

Link berfungsi sebagai:

  • Penumpu berat unit ke landasan.
  • Tempat persinggungan dengan track roller dan carrier roller
  • Pemutus dan penghubung rangkaian rantai (khusus untuk master link).

Link terdiri dari dua tipe, yaitu: master link dan reguler link.

master link

Pin & bushing

in berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan antar link sedangkan bushing berfungsi untuk mendapatkan sifat fleksibel ketika track bergerak menggulung. Seperti halnya link, pin dan bushing juga terdiri dari dua tipe, yaitu master (pin & bushing) dan reguler (pin & bushing). Master pin dan reguler pin mempunyai diameter yang sama, permukaan yang sama-sama rata tetapi pada master pin terdapat chamfered dan center bore untuk mempermudah dalam identifikasi.

pin

Seal

sealSeal berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran oli dan sebaliknya untuk mencegah agar jangan sampai ada kotoran dari luar yang masuk ke dalam komponen. Terdapat beberapa tipe dari seal yang digunakan pada track link, yaitu: tipe F dan tipe W yang digunakan pada track link tipe sealed and lubricated track link (SALT type), tipe W dan tipe V yang digunakan untuk track link tipe grease sealed type.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *