TORQUE CONVERTER DENGAN LOCK-UP CLUTCH

Lock up clutch dipasang antara turbin dan drive case yang dioperasikan secara hidrolis untuk secara langsung menghubungkan antara turbin dan pump sehingga bekerja sebagai direct drive. Lock up clutch di-release supaya kembali berfungsi sebagai torque converter pada saat beban yang berat.

Pada saat beban ringan clutch akan bekerja   untuk mengunci torque converter dengan cara menghubungkan langsung antara turbin dan pump. Hal tersebut bertujuan untuk menaikan efisiensi.

torque converter

VARIABLE CAPACITY TYPE TORQUE CONVERTER

Pada tipe ini pump dibagi menjadi dua bagian, inner impeller digerakan langsung oleh engine, sedangkan outer impeller diputar atau dihentikan oleh hydraulic clutch. Pump capacity dapat secara terus menerus dirubah dengan cara mengontrol tekanan oli yang masuk ke outer impeller. Torque converter jenis ini umumnya digunakan pada big loader.

torque converter 2

SPLIT TYPE TORQUE CONVERTER

split torque converter

Split Type Torque Converter (disebut pembagi torque). System ini merupakan kombinasi dengan planetary gear yang merupakan bagian penghubung torque engine dan torque converter. Engine menggerakkan planetary gear system dan pump pada torque converter. Turbin menggerakkan ring gear, sedangkan carrier dihunbungkan dengan output shaft. Torque jenis ini umumnya digunakan pada bulldozer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *