Thyristor (Scr = Silicon Controlled Rectifier)

Konstruksi dasar thyristor

Konstruksi dasar sebuah SCR adalah merupakan susunan empat lapisan bahan semikonduktor PNPN atau NPNP dengan tiga terminal keluaran yaitu Anode (A), Cathode (K) dan Gate (G). Hal tersebut diatas dapat dilihat pada gambar berikut  ini.

konstruksi thyristor

Prinsip Kerja thyristor

Prinsip kerja sebuah thyristor dapat dijelaskan sebagai berikut:

prinsip kerja scr

Pada dasarnya sebuah thyristor sama dengan dua buah transistor yang dihubungkan seperti pada gambar diatas. Bila basecurrent (1) sudah mengalir ke Tr1, maka arus akan mengalir arus base (2) pada Tr2. Akibatnya, arus collector (3) pada Tr2 akan mengalir yang juga merupakan arusbase (1) ditiadakan (thyristor tetap ON). Selanjutya untuk meng-OFF-kan thyristor dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  • Memperkecilarus mengalir hingga
  • Diberikan hubung singkat dengan kapasitor yang sudah diberi charge

meng-off kan thyristor

  • Karakteristik thyristor

Pada gambar berikut ini diperlihatkan contoh karakteristik sebuah thyristor.

karakteristik thyristor

ika thyristor diberi forward bias (anode diberi tegangan positif dan cathode diberi tegangan negatif), maka thyristor akan ON setelah ada arus gate. Dalam kondisi diatas (forward bias) tegangan dinaikkan sampai tegangan tertentu,  maka tiba-tiba thyristor akan ON. Tegangan ini disebut “break-over voltage“ yang dapat merusak thyristor. Dari hal tersebut thyristor tidak akan ON kecuali diberikan arus gate (thyristor diberi forward bias). Selanjutnya, bila thyristor diberi reverse bias (anode diberi tegangan negatif dan cathode diberi tegangan negatif), maka thyristor mempunyai karkteristik seperti diode biasa. Dengan demikian, thyristor akan tetap OFF. Selanjutnya bila tegangan dinaikkan (diberi reverse voltage), maka pada tegangan tertentu thyristor akan “break-down“.Hal ini pun dapat merusak thyristor.

Bentuk – bentuk thyristor

Contoh bentuk-bentuk thyristor dapat dilihat pada gambar berikut ini:

bentuk - bentuk thyristor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *