Struktur dan cara kerja electronical governor

Komponen utama dari sebuah electronic governor adalah housing, actuator, dan cover. Actuator terdiri atas linear DC motor, link, dan control rod position sensor. Komponen komponen ini bekerja berdasarkan sinyal dari control unit.

Liniear DC motor menyebabkan rangkaian lilitan (coil assmbly) (yang terdapat di dalam linear DC motor) dapat bergerak naik/turun sesuai dengan sinyal yang dikirimkan oleh control unit.

Gerakkan dari linear DC motor dihubungkan ke control rod melalui sebuah penghunbung (link). Pergerakkan dari control rod akan menyebabkan terjadinya variasi jumlah penginjeksian bahan bakar. Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan akan meningkat manakala rangkaian lilitan bergerak ke atas, begitu juga sebaliknya ketika rangkaian lilitan bergerak turun akan menyebabkan terjadinya pengurangan bahan bakar yang diinjeksikan.

governor electricDi atas ditinjukkan struktur dari sebuah electronic governor. Copper plate yang terdapat di dalam governor berfungsi sebagai sensor posisi dari control rod yang akan memberikan sinyal balik ke control unit. Sensor ini untuk memastikan bahwa pergerakkan dari control rod sudah sesuai dengan besarnya sinyal yang diberikan oleh control unit ke linear DC motor. Linear DC motor dilengkapi dengan unit magnet yang berfungsi untuk mensuplai medan magnet, pole unit, dan rangkaian lilitan (coil assembly) yang menghasilkan gerak naik/turun. Prinsip kerja dari linear DC motor menggunakan prinsip dasar kaidah “tangan kanan Fleming”. Ketika arus dialirkan ke lilitan (coil) dengan arah A, gaya magnet akan ditimbulkan dengan arah C. ketika arus yang dialirkan ke lilitan (coil) dengan arah B, gaya magnet akan ditimbulkan dengan arah D. Dengan alasan tersebut, maka arah dan besarnya pergerakkan dari coil assembly dapat diatur dengan cara mengontor arah dan besarnya arus yang dialirkan ke lilitan (coil).

linear dc motor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *