SISTEM THERMOSTATIC EXPANSION VALVE

THERMOSTATIC EXPANSION VALVE

Sejumlah model machine terdahulu dilengkapi dengan sistem thermostatic expansion valve (TX valve). Kegunaan thermostatic expansion valve adalah untuk :

  • Menghambat aliran refrigerant dan memungkinkan kompresor meningkatkan tekanan di sisi bertekanan tinggi pada sistem air conditioning.
  • Mengontrol jumlah refrigerant yang memasuki evaporator.

Sistem air conditioning yang berada dari outlet kompresor outlet hingga inlet expansion valve disebut sisi bertekanan tinggi. Thermostatic expansion valve menyebabkan hambatan aliran refrigerant yang meningkatkan tekanan antara expansion valve dan kompresor. Peningkatan tekanan memungkinkan refrigerant berubah wujud dari gas menjadi cairan.

Pada saat kompresor meningkatkan temperatur refrigerant akibat refrigerant yang terkonsentrasi pada area yang sempit, expansion valve menurunkan temperatur dengan membuat refrigerant menyemprot keluar dari orifice di expansion valve. Karena tekanan turun dengan cepat, refrigerant menjadi sangat dingin saat keluar dari expansion valve dan masuk menuju evaporator. Sistem air conditioning yang berada dari outlet expansion valve hingga inlet kompresor disebut daerah bertekanan rendah. Sistem thermostatic expansion valve dilengkapi dengan receiver-dryer.

Thermostatic Expansion Valve

THERMOSTATIC EXPANSION VALVE 2

Dua tipe expansion valve digunakan pada machine :

  • Internally equalized
  • Externally equalized.

Internally equalized dan externally equalized expansion valve memiliki sebuah Thermal bulb yang terhubung ke diaphragma melalui pipa kecil (tube). Thermal bulb tersebut berisi refrigerant. Sebuah pengikat menahan Thermal bulb terpasang dengan baik pada jalur keluaran evaporator. Thermal bulb sangat sensitif terhadap temperatur jalur keluar evaporator. Jika temperatur jalur keluaran evaporator meningkat, refrigerant dibagian dalam bulb mengembang. Refrigerant yang mengembang, melawan tekanan diaphragma pada sisi atas valve. Diaphragma terhubung melalui pin menuju dudukan valve. Tekanan yang mendorong diaphragma menyebabkan pin diaphragma dan valve seat bergerak. Ketika valve seat menjauh dari orifice, semakin banyak refrigerant mengalir ke evaporator. Peningkatan aliran refrigerant menyebabkan sisi keluar evaporator menjadi lebih dingin. Temperatur pada sisi keluaran menyebabkan refrigerant terkondensasi didalam Thermal bulb, mengurangi tekanan yang mendorong diaphragma pin dan valve seat. Valve seat bergerak mengurangi aliran yang melalui orifice.

Pada Internally equalized valve, tekanan refrigerant yang memasuki evaporator bekerja dibawah diaphragma melalui internal equalizing passage. Pengembangan gas pada Thermal bulb harus melawan internal balancing pressure dan spring sebelum valve membuka untuk meningkatkan aliran refrigerant

Pada Externally equalizer valve, tekanan yang bekerja pada bagian bawah diaphragma berasal dari jalur outlet evaporator melalui equalizer tube. Equalizer tube menyeimbangkan tekanan keluaran evaporator dengan tekanan yang disebabkan oleh mengembangnya gas didalam Thermal bulb.

Superheater spring mencegah kejutan cairan yang berlebih memasuki evaporator. “Superheat” menaikkan temperatur gas refrigerant diatas temperatur penguapan refrigerant. Superheat spring dipasang pada valve disetel dengan settingan awal dipabrik. Expansion valve didesain sehingga temperatur refrigerant pada jalur keluar evaporator mencapai 3°C (5°F) sebelum refrigerant diperbolehkan memasuki evaporator, ini diperoleh dengan adanya superheat. Daya regang pegas merupakan faktor penentu dari expansion valve. Selama pembukaan dan penutupan, spring tension berubah atau membantu operasi valve jika diperlukan.

Receiver-Dryer

RECEIVER DRYER

Receiver-dryer memiliki tiga fungsi yaitu:

  • Mengeringkan
  • Menyimpan
  • Menyaring cairan

Ketika cairan bertekanan tinggi mengalir menuju receiver-dryer, refrigerant disaring melalui pengering (desiccant) dan membuang sejumlah uap air yang telah masuk ke refrigerant. Refrigerant disimpan hingga dibutuhkan oleh sistem. Ketika sistem memerlukan refrigerant, cairan bertekanan tinggi mengalir melalui saringan yang sangat halus dan terpasang pada pickup tube. (Saringan menjaga setiap debu dan kotoran bersirkulasi pada sistem air conditioning sistem) Cairan bertekanan tinggi mengalir dari receiver-dryer menuju thermostatic expansion valve.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *