Saluran- saluran (lines) dan Fiting Hidrolik

Saluran-saluran (lines) berfungsi untuk menyalurkan oli ke berbagai komponen. Lines bisa disamakan dengan kabel pada rangkain listrik. Lines terdiri dari dua jenis yaitu tube yang terbuat dari besi dan hose yang terbuat dari karet yang diperkuat.

hose tubesTube digunakan pada tempat-tempat statis atau tidak bergerak. Tubes pada dasarnya lebih kuat dari hode karena terbuat dari besi. Namun tubes tidak fleksibel. Hose digunakan pada bagian-bagian yang bergerak. Hose lebih fleksible dan mudah perawatannya karena inilah hose lebih banyak digunakan

bagian hoseHose digunakan dari aplikasi tekanan rendah, menengah dan tinggi. Gambar diatas adalah konstruksi hose untuk aplikasi tekanan tinggi yang biasa dijumpai pada alat berat. Kontruksi ini terdiri dari bagian dalam (inner tube) terbuat dari karet elastic dan cover atau pembungkus yang terbuat dari rajutan benang keras. Diantara inner tube dan cover terdapat lapisan-lapisan penguat (reinforced) yang terdiri dari beberapa lapis kain kawat dan cushion yaitu lapisan plastic untuk peredaman. Jumlah lapisan reinforced ini bergantung pada besar tekanan yang akan digunakan. Semakin tinggi tekanan maka semakin tebal lapisan ini.

Hose dan couling dibuat dengan standar tertentu berdasarkan negara produsennya. Ada tiga standar yang banyak digunakan yaitu standar Amerika (SAE), standar jerman atau eropa (DIN) dan standar jepang (JIS). Pada saat perawatan dan perbaikkan hose dan coupling, harus diperhatikan standar mana yang digunakan. Standar ini memiliki ukuran-ukuran yang berbeda. Terdapat tanda spesifikasi pada hose. Pola tanda ini bergantung pada merek pembuat hose.

cat hose

Untuk teknisi alat berat, spesifikasi yang penting adalah maximum working pressure dan inside diameter atau diameter bagian dalam. Spesifikasi diameter dalam ini ditunjukkan dengan satuan dash.

dash hose 1dash hose 2

Dash adalah panjang diameter bagian dalam hose yang dinyatakan dalam kelipatan 1/16 inchi. Misalnya dash 12 berarti diameternya 12/16 inchi. Selain dash ada juga yang menyatakan ukuran ini dalam satuan millimeter.

Maximum working pressure adalah tekanan kerja maksimum yang dapat ditahan oleh hose tanpa terjadi kerusakan. Apabila tekanan ini terlampaui maka ada kemungkinan lama kelamaan hose akan rusak dan terjadi kebocoran. Selain itu ada spesifikasi peak pressure (tekanan kejut). Tekanan kejut terjadi pada saat terjadi perubahan tekanan yang tiba-tiba. Bisa dilihat pada saat misalnya suatu tuas control digerakkan. Tekanan ini sangat tinggi namun terjadi pada selang waktu yang singkat. Hose harus mampu menahan tekanan ini.

iso symbol lines

Susunan komponen-komponen hidrolik digambarkan dalam diagram skematik hidrolik. Pada beberapa puluh tahun yang lalu, diagram skematik ini berisi gambar-gambar komponen yang dihubungkan dengan garis-garis. Gambar-gambar ini terlihat rumit dan sulit dipahami dan bergantung pada produsen pembuat system hidrolik tersebut. Supaya lebih mudah dipahami, lembaga standar international mengeluarkan standar ISO. Standar ini menetapkan symbol-simbol standar untuk komponen-komponen hidrolik. Selain itu standar ISO juga menyeragamkan symbol-simbol yang beraneka ragam.

Dalam standar ISO saluran-saluran digambarkan sebagai garis-garis. Diagram ISO hanya menunjukkan fungsi dari komponen-komponen. Diagram ISO tidak menunjukkan bagaimana konstruksi bagian dalam. Untuk membedakan fungsi saluran-saluran, ada beberapa symbol untuk lines. Garis penuh menunjukkan saluran ini adalah saluran utama (main) misalnya saluran dari pompa ke directional control valve dan dari control valve ke actuator. Garis putus-putus dan tipis menunjukkan bahwa saluran ini adalah saluran untuk control atau pilot. Garis putus-putus dan tebal menunjukkan saluran buang ke tanki. Adapaun garis titik, garis titik bukan menunjukkan saluran, namun menunjukkan bahwa symbol-simbol yang dikelilingi garis ini berada dalam satu tempat.

  • Fitting (Coupling)

fittingFitting adalah komponen yang berfungsi untuk menyambung saluran-saluran dan antara saluran dengan komponen lain. Fitting atau coupling sangat banyak macamnya.

iso symbol fitting

Pada ISO symbol, coupling digambarkan sebagai titik. Dalam menggambar ISO symbol untuk coupling harap berhati-hati untuk menggambarkan titik sebagai sambungan. Untuk garis-garis yang bertumpang tindih tapi seperti pada A, untuk membedakan sambungan dengan tidak, digambarkan dengan kurva setengah lingkaran. Ada juga yang menggambarkannya dengan saling bersilang saja seperti pada B. Harap berhati-hati karena bisa membingungkan seperti pada D yang akan menimbulkan salah pengertian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *