PRINSIP DASAR DINAMIKA FLUIDA

Torque converter adalah suatu komponen power train yang bekerjanya secara hidrolis. Fungsi utamanya tidak jauh berbeda dengan main clutch (coupling), sehingga torque converter sering disebut juga fluid clutch. Baik fluid coupling maupun torque converter menggunakan media oli untuk pemindah tenaganya. Di bawah ini dijelaskan beberapa prinsip dasar dinamika fluida:

massa fluidaSebuah bola yang dilemparakan ke dinding akan menghasilkan tenaga untuk memantul dari dinding tersebut. Ketika lemparan bola dipercepat maka tenaga pantul yang dihasilkan akan lebih besar.

kecepatan fluidaBesarnya tenaga pantul yang dihasilkan juga bergantung dari beratnya bola. Semakin berat bola maka tenaga yang dihasilkan akan semakin besar ketika kecepatan bola sama.

jumlah fluida

Ketika bola yang dilemparkan memiliki kecepatan dan berat yang sama, tenaga yang dihasilkan akan lebih besar apabila jumlah bola yang dilemparkan lebih banyak.

sudut fluidaSudut pelemparan bola mempengaruhi tenaga pantulnya. Tenaga yang dihasilkan akan lebih besar apabila posisi bola lebih vertikal terhadap dinding dan sebaliknya tenaga yang dihasilkan akan lebih kecil apabila sudut datangnya bola lebih besar.

fluida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *