Perlengkapan Kerja Excavator

Berikut ini akan diberikan contoh dari berbagai macam tipe bucket, boom, arm, dan perlengkapan kerja lainnya yang biasa digunakan pada sebuah hydraulic excavator.

Bucket merupakan perlengkapan yang terdapat pada sebuah hydraulic excavator. Fungsi utama bucket pada hydraulic excavator adalah untuk menggali (digging) dan memuat (loading) material tanah, batu, kayu dan lain-lain. Berikut ini ditunjukkan berbagai macam tipe dari bucket yang digunakan pada hydraulic excavator.

  • ripper bucketRipper Bucket

Ripper bucket sangat cocok digunakan untuk bekerja di daerah bebatuan atau tanah liat, dimana bucket biasa tidak mampu bekerja secara optimal. Pekerjaan loading juga dapat menggunakan bucket seperti ini.

 

  • trapezoidal bucketTrapezoidal bucket

Trapezoidal bucket sangat baik digunakan untuk pembuatan saluran air (drainase) atau kanal irigasi.

 

  • slope finishing bucketSlope finishing bucket

Dengan konstruksi bucket yang sedemikian rupa, bucket ini cocok sekali digunakan untuk pembuatan slop saluran kanal irigasi atau sungai.

 

  • ditch cleaning bucketDitch cleaning bucket

Sangat cocok digunakan untuk pengerukan lumpur pada parit atau sungai. Bucket ini memiliki lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk mengeluarkan air, sehingga material keras saja yang dikeruk.

 

  • clamshell bucketClamshell bucket

Clamshell bucket digunakan untuk penggalian dengan arah tegak lurus.

 

Boom dan Arm juga merupakan bagian dari perlengkapan kerja pada sebuah hydraulic excvator. Berikut ini adalah beberapa tipe arm yang digunakan pada hydraulix excavator.

  • extenshion armExtension arm

Dipasangkan pada arm standard untuk jangkauan yang lebih panjang.

  • short armShort arm

Short arm merupakan salah satu kelengkapan pada hydraulic excavator yang digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan dengan area terbatas.

  • long aarmLong arm & super long front

Long arm & super long front digunakan untuk memperpanjang jarak jangkauan.

 

Breaker adalah peralatan yang dipasang pada excavator yang berfungsi untuk memecah batu. Breaker di pasang pada bagian depan dari arm (menggantikan bucket).

breaker

Sama seperti pada bulldozer untuk unit excavator yang menggunakan komponen bawah berupa undercarriage dan berikut jenis track shoe excavator

track shoe

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *