Pergerakan Rocker Arm hanya sedikit dan Valve Lash terlalu longgar

Kemungkinan penyebabnya :

valve clearnece terlalu longgar

  1. Valve Lash terlalu longgar

Lakukan penyetelan valve, lihat pada Valve Lash di Testing and Adjusting.

 

  1. Tidak cukup pelumasan

Periksa pelumasan di bagian valve. Alirannya harus kuat pada saat high idle rpm dan lemah pada saat low idle rpm. Bersihkan saluran oli khusunya pada saluran oli yang menuju ke cylinder head.

 

  1. Bagian Rocker Arm yang sudah aus dan kontak dengan valve

Bila terlalu banyak kehausannya ganti dengan Rocker Arm yang baru. Lakukan penyetelan Valve. Lihat pada subjek Valve Lash di Testing and Adjusting.

 

  1. Bagian ujung dari valve stem sudah aus

Bila terlalu banyak keausannya ganti dengan valve yang baru. Lakukan penyetelan valve. Lihat pada subjek Valve Lash di Testing and Adjusting.

 

  1. Push Rod sudah aus

Bila terlalu banyak keausannya ganti dengan Push Rod yang baru. Lakukan penyetelan valve. Lihat pada subjek Valve Lash di Testing and Adjusting.

 

  1. Valve Lifter aus

Bila terlalu banyak keausannya ganti dengan Valve Lifter yang baru. Lakukan penyetelan valve. Lihat pada subjek Valve Lash di Testing and Adjusting.

 

  1. Kerusakan pada Valve Lifter

Pasang Valve Lifter yang baru. Periksa keausan Camshaft. Cek kebebasan pergerakan Valve, atau kebengkokan Valve Stem, bersihkan engine dan lakukan Valve Lash.

 

  1. Keausan pada Lobes Camshaft

Periksa Valve Lash, periksa pengerakan valve atau kebenkokan valve. Periksa keausan valve lifter. Pasang Camshaft yang baru dan lakukan penyetelan valve.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *