Penjadwalan / Scheduling

Elemen keenam dari menejemen perawatan adalah penjadwalan atau scheduling. Penjadwalan adalah proses pegaturan penentuan waktu pelaksanaan proses perawatan.

Tujuan dilaksanakannya proses penjadwalan ini adalah untuk melakukan pengaturan waktu yang paling optimum sehingga proses perawatan dapat dilaksanakan sebaik-baiknya dengan penggunaan sumber daya yang se-effisien mungkin.

Apabila proses penjadwalan ini dilakukan dengan baik maka hasil yang dapat diperoleh adalah:

  • Proses perawatan dilaksanakan secara teratur sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  • Sumber daya dimanfaatkan semaksimal mungkin.
  • Kondisi unit selalu terpelihara dengan baik.

Aktivitas penjadwalan dilakukan sebelum kegiatan perawatan mulai dilaksanakan dan sangat berkaitan erat dengan strategi perawatan yang akan dilakukan untuk unit tersebut. Dari strategi yang telah ditentukan maka semua aktivitas yang akan dilakukan dalam proses perawatan tersebut ditentukan waktu pelaksanaannya.

Pengaturan waktu ini sangat penting karena berkaitan dengan pengaturan pemanfaatan sumber daya, baik itu sumber daya manusia ataupun peralatan kerja dan suku cadang. Penjadwalan yang baik akan menghasilkan effesiensi yang tinggi dalam hal pemanfaatan sumber daya dengan tanpa mengurangi kualitas dari proses hasil perawatannya itu sendiri.

schedulling

Strategi perawatan yang merupakan dasar dari penjadwalan merupakan suatu pedoman yang memiliki visi jauh ke depan berkaitan dengan tujuan dilakukannya perawatan yang dikaitkan dengan visi bisnis dari digunakannya alat berat atau engine tersebut sebagai alat produksi.

Hasil dari suatu strategi perawatan adalah didapatkannya suatu skema waktu berupa penjadwalan dari berbagai aktivitas yang akan dilakukan selama proses perawatan unit tersebut. Referensi dalam hal pembuatan penjadwalan yang berupa aktivitas perawatan dapat merujuk pada buku “Operation & Maintenance Manual”, perangkat lunak “Site Operation & Maintenance Manual” (SOMA), Dokumen Maintenance Strategy Reference (MSR) dan lain-lain.

Setelah proses penjadwalan maka tak kalah pentingnya adalah bagaimana penjadwalan yang telah dibuat dapat dikontrol pelaksanaannya dan apabila ada perubahan jadwal ataupun perubahan strategi maka proses updating ataupun perubahan data dapat dilakukan dan di control dengan mudah. Untuk memudahkan proses penjadwalan dan pengontrolan suatu proses perawatan suatu armada alat berat ataupun engine maka dapat digunakan perangkat lunak yang telah disediakan oleh Dealer seperti:

  • Maintenance Control System.
  • Asset Management Tool.

Perangkat lunak tersebut juga mampu melakukan proses pencatatan data sehingga sangat membantu sekali dalam proses analisa ataupun pembuatan laporan aktivitas perawatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *