Penggantian Fan Belt

Fan belt meneruskan putaran mesin dan komponen penggerak lainnya seperti cooling fan dan alternator. Apabila fan belt terlalu kendor atau terlalu kencang, hal ini dapat menimbulkan masalah misalnya berkurangnya efisiensi pendinginan, pengisian dan kerusakan pada alternator. Sehubungan hal tersebut, maka fan belt harus selalu dirawat tegangannya agar cukup. Begitu juga, tingkat kerusakan tali kipas harus diperiksa, dan harus diganti jika perlu.

Belt Penggerak

V-belt penggerak, adalah suatu tipe penggerak dengan gesekan dan terdiri dari suatu belt yang dilengkapi dua pulley yang dipasang pada poros yang terpisah, meneruskan gerakan berputar dengan tenaga gesek yang dihasilkan oleh V-belt dan pulley. Dengan belt penggerak, kecepatan putaran pada pulley yang digerakkan berbanding secara terbalik dengan diameter pulley, asalkan belt tidak slip. V-belt mempunyai bentuk V dan dibuat dari karet tanpa adanya lapisan. Pulley V adalah roda belt yang mempunyai alur yang sama bentuknya dengan V-belt, dan didesain ada celah diantara permukaan bagian dalam V-belt dan bagian bawah alur pulley V. Hal ini penting untuk menjaga tegangan belt yang cukup, karena gerakan putaran diteruskan oleh tenaga gesek yang dihasilkan antara kedua sisi permukaan V-belt dan kedua sisi pada alur pulley V.

Memeriksa Pulley

Ketika anda menyetel fan belt anda lebih memperhatikan terhadap keretakan dan kerusakan lainnya dan mungkin lupa memeriksa pulley. Periksa pulley secara hati-hati, karena pulley dapat menimbulkan keausan dini, suara dan masalah lainnya, walaupun dipasang tali kipas baru.

Memeriksa, Menyetel dan Mengganti Fan Belt

Untuk detail, lihat pada Owner’s manual.

  • Ganti tali kipas yang Memeriksa retak atau rusak.
  • Jika tali kipas terlalu masuk kedalam pulley, itu adalah aus dan harus segera diganti.

Penyetelan · Terlalu kendor: bersuara, problem pendinginan dan pengisian karena tali kipas slip.

  • Terlalu kencang: bearing rusak, keausan dini tali kipas dan pulley.
  • Setelah memasang tali kipas baru, Stasionerkan mesin beberapa saat untuk mengkondisikan tali kipas, dan kemudian setel lagi tegangan tali kipas.

Mengganti

  • Untuk sistem dua tali kipas, gantilah keduanya seperti satu set.

Perhatian dalam Bekerja

  • Selalu matikan mesin sebelum memeriksa tali kipas.
  • Hati-hati terhadap baju dan jari anda jangan mengenai komponen yang berputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *