Penggantian Air Pendingin

Meskipun air ledeng (air biasa) sendiri terkadang digunakan sebagai pendingin mesin, campurlah air ledeng dan cairan LLC atau anti beku yang biasa digunakan. Dibeberapa negara, yang mana, air ledeng itu keras dan tidak layak untuk diminum atau mencuci. Di beberapa negara, air ledeng tidak dapat digunakan untuk pendingin mesin, juga air yang disuling tidak dapat digunakan.

Setelah digunakan beberapa lama, air pendingin akan timbul karat yang menumpuk, dan juga karat akan membentuk dan merusak sistem pendinginan. Pada keadaan yang panas, selanjutnya, tidak cukupnya jumlah air pendingin kemungkinan menyebabkan mesin overheat.

Dengan demikian, air pendingin harus dijaga pada level yang sesuai dan harus diganti secara berkala

Antibeku dan Long-Life Coolant (LLC)

Antibeku

Pada iklim yang dingin, air pendingin di dalam radiator dan blok mesin dapat membeku jika jika mesin tidak dihidupkan pada waktu yang lama. Oleh karena air pendingin membeku, maka akan mengembang dan membuat retaknya radiator, blok silinder, atau kepala silinder, lebih parah lagi merusakkan mesin. Antibeku, bahan utamanya adalah ethylene glycol, dicampurkan ke dalam air pendingin pada titik beku yang lebih rendah dan mencegah air pendingin menjadi beku. Antibeku juga dapat digunakan sebagai pendingin pada musim dingin didaerah dingin.

Long-Life Coolant (LLC)

LLC dapat dicampurkan ke dalam air pendingin dan digunakan sekitar setahun. Meskipun bahan dasarnya adalah ethylene glycol dari anti beku dan bahan tambah anti korosi, ethylene glycol dan bahan tambah anti korosi mempunyai daya tahan dan selanjutnya dapat digunakan pada waktu yang lama.

Aluminium alloys digunakan pada bagian radiator untuk mengurangi berat radiator. Alloy sendiri mudah terkena korosi dengan larutan acidic dan alkaline dan akan merusak antibeku yang biasa digunakan. Kita seharusnya menggunakan LLC untuk mencegah karat dan korosi pada aluminium alloy.

Oleh karena LLC mempunyai titik didih yang tinggi, akan mencegah overheating dengan meningkatnya titik didih dan, mencegah karat yang menumpuk, dengan menjaga sistem pendinginan selalu bersih pada waktu yang lama dan tidak menghalangi proses penyerapan panas.

Air Yang Digunakan Untuk Pendingin

Air biasa dan air sungai adalah keras dan mengandung mineral, yang mana dapat menyumbat saluran pendingin dan efisiensi pendinginan menjadi lebih rendah; oleh karena itu tidak dapat digunakan untuk pendingin. Meskipun air ledeng (air biasa) sering kali digunakan, dibeberapa daerah menggunakan air accu, air sulingan dan air hujan.

Konsentrasi LLC untuk Pendingin

Perbandingan campuran antara LLC dan air biasanya 30% – 60%. Jika LLC konsentrasinya dibawah 30%, proses penghilangan karat yang menumpuk akan memburuk; jika di atas 60%, Kinerja antibeku akan turun.Oleh karena itu pendingin membeku pada temperatur yang bervariasi tergantung dari konsentrasi LLC, konsentrasi temperatur yang paling rendah pada setiap daerah harus disesuaikan. Formula yang digunakan untuk menghitung konsentrasi LLC.

Contoh

Jika jumlah air pendingin 20L dan kita menginginkan konsentrasi LLC 30%,

Selanjutnya, kita akan mendapatkan pendingin dengan konsentrasi cairan LLC 30% dengan menuangkan konsentrasi cairan LLC 6L ke dalam tempat yang volumenya 20L dan mencairkannya ke dalam air sampai tempatnya penuh.

Interval Penggantian Air Pendingin

Pada dasarnya, LLC diganti setiap dua tahun. Dengan jalan membandingkan, pendingin dengan anti beku atau anti korosi seharusnya diganti setiap enam bulan. Jika pendingin digunakan melebihi batas yang diijinkan, ketahanan korosinya secara dramatik akan turun dan sistem pendinginan akan rusak karena karat. Saat air pendingin diganti, selain itu, bersihkan sistem pendingin dengan menggunakan alat pembersih. Untuk lebih detail, dijelaskan pada Owner’s Manual.

Bagaimana mengganti Ar Pendingin Mesin

Dijelaskan pada Owner’s Manual.

Peringatan Yang Berhubungan Dengan Pekerjaan

  • Ganjal roda sampai kendaraan tidak dapat bergerak.
  • LLC adalah bahan yang mudah terbakar dan harus dijaga keamanannya.
  • LLC adalah bahan yang beracun. Berhati-hati jangan sampai masuk ke mulut atau mengenai mata anda.
  • Setelah kendaraan dijalankan dan air pendingin sangat panas. Tunggu sampai mesin dingin sebelum mengganti air pendingin.
  • Jangan melepas drain plug radiator tetapi secara hati-hati atau perlahan keluarkan air pendingin. (Plug akan lepas bila mengendorkannya terlalu banyak, menyebabkan air pendingin menyembur keluar di depan radiator dan, jika air itu panas, akan mengakibatkan luka bakar.)
  • Jangan mencampur antibeku, anti korosi, dan larutan LLC.
  • Ketika mengisi air pendingin, pastikan jenis yang sama untuk pendingin dan juga gunakan konsentrasi air pendingin yang sama.
  • Jangan menghidupkan mesin tanpa air pendingin di dalamnya.
  • Setelah mengganti air pendingin, keluarkan udara didalam sistem pendinginan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *