PENGENALAN PRINSIP KERJA KOMPONEN MD6290

jack MD6290MENAIKKAN DAN MENURUNKAN JACK

Bila menurunkan jack (meratakan posisi mesin): Pertama ratakan posisi mesin dari sisi ke sisinya kemudian dari depan ke belakang. Selalu gunakan kontrol jack depan terakhir untuk memastikan beban terbagi secara merata diantara kedua jack depan. Lakukan sebaliknya untuk menaikkan jack. Ingat jack depan selalu yang terakhir.

mastMENAIKKAN & MENURUNKAN MAST

BAHAYA: Perhatikan sebelum menaikkan/ menurunkan Mast. Bekerja di dekat, atau bersinggungan dengan kabel listrik akan menyebabkan kecelakaan yang parah bahkan kematian. Pastikan semua orang jauh dari mesin.

PERINGATAN Selalu meratakan posisi mesin sebelum menaikkan/menurunkan mast dan sebelum mengebor.

Pastikan secara visual bahwa pin pengunci mast sepenuhnya terpasang di dalam lubang braket pengunci mast sebelum mengebor. Juga pastikan pin terlepas sepenuhnya sebelum menurunkan mast.

silinder pengunciMENAIKKAN DAN MENURUNKAN MAST

Menaikkan Mast:

  1. Periksa orang di sekitar atau di dalam mesin dan periksalah apakah mast bebas dari kabel listrik
  2. Pastikan bahwa mesin di jack secara
  3. Periksa mast apabila ada alat atau komponen bor yang kendor tertinggal di atas
  4. Pastikan bahwa mata bor akan bebas dari area deck Pemeriksaan visual terhadap posisi hotary head dan lampu peringatan “Pipa di dalam Lubang” harus dilaksanakan.
  5. Naikkan mast dengan menghubungkan tuas mast pada posisi Mast harus mulai terangkat jika tidak, periksa tekanan sistem hydrolik untuk mengetahui Aux pump telah hidup dan ada tekanan yang cukup. Max = 2800 PSI.
  6. Pada saat mast mendekati posisi vertikal, kecepatan mast cenderung akan meningkat,sehingga perlu menurunkan kecepatannya untuk mencegah mast membentur dasar mesin terlalu

MENAIKKAN MAST

PERHATIAN: Mast harus didudukkan sampai pada dasar mesin selambat dan selembut mungkin. Kerusakan mekanisme yang parah pada Mast dan rangka penopang dapat terjadi jika hal ini tidak dilakukan. Sudut mast dapat diatur dari 70 derajat sampai vertikal tergantung permintaan pengeboran. Apabila sudut mast telah diatur sesuai kebutuhan, kuncilah mast pada posisinya dengan cara menggerakkan sakelar pengunci mast.

PERHATIAN: Mast harus tidak bergerak sebelum pin pengunci mast terlepas. Kerusakan yang serius pada mast dan rangka penopang mast akan terjadi jika mast terkunci kemudian di rebahkan.

Menurunkan Mast:

  1. Periksa bahwa busur ayun kepala mast berada pada posisi yang tidak bersinggungan dengan struktur lain atau kabel
  2. Periksa keamanan peralatan pada mast, pindahkan semua alat dari mast dan deck kerja dan simpan semua peralatan pada Periksa deck apakah sudah aman.
  3. Pastikan mata bor akan membebaskan area deck kerja dengan memastikan bahwa tanda peringatan “Pipa di dalam Lubang” tidak
  4. Ayun kunci HOBO ke tengah mast setelah memastikan rahang (jaws) dalam keadaan
  5. Putar (Pengisi pipa jenis Korsel) pemuat pipa bor pada posisi penimbunan dan ayun pengisi ke arah bagian tengah mast untuk memastikan bahwa anda tidak mendorong dengan keras pengisi pipa ke drill. Pengisi pipa bor berada pada posisi “penyimpanan” pada saat korsel berputar, kunci pada posisi tengah “non-pipe-loading” untuk memastikan pipa-pipa berada dalam keadaan aman sehingga pipa-pipa tsb. tidak mungkin meluncur balik dan jatuh dari korsel.

PERHATIAN: Pastikan rotary head bebas dari carousel sebelum di swing ke dalam.

6. Lepaskan kunci dan turunkan mast dengan tuas mast yang mengendalikan kecepatan, supaya mast dapat duduk pada penyangganya dengan perlahan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *