Menyetel Fuel Injection Timing

Fuel injection timing adalah menentukan waktu (timing) untuk mendapatkan pembakaran ideal dari sifat-sifat fakta mesin, dengan pertimbangan penundaan pembakaran (ignition delay) normal. Jika injection timing tidak tepat maka ignition timing (waktu pembakaran) juga tidak tepat, terutama akan terjadi masalah seperti diesel knocking dan tenaga mesin kurang. Lebih dari itu, akan berpengaruh pada pembakaran dan menghasilkan emisi yang mungkin mencemari lingkungan.

Meskipun fuel injection timing distel pada saat memasang injection pump, timing mungkin terlepas jika baut pump coupling kendor karena getaran oleh kerja mesin atau karena perubahan bentuk pada coupling atau keausan timing gear. Injection timing harus selalu diperiksa dan distel dengan dasar yang tetap.

Kondisi Pembakaran Mesin Diesel

Putaran mesin pada efisiensi maksimum seiring power maksimum, dimana dihasilkan setelah piston sedikit melewati kompresi titik mati atas (TMA).

Dalam mesin diesel, bahan bakar diinjeksikan ke udara yang telah dipanaskan dan bertekanan didalam silinder, karenanya bahan bakar terbakar sendiri (self-ignite). Namun, dalam waktu yang telah ditentukan dari bahan bakar diinjeksikan sampai terbakar. Fuel injection timing sampai saat itu diset sehingga bahan bakar diinjeksikan sebelum piston mencapai TMA kompresi, dengan demikian tekanan maksimum dihasilkan didalam silinder dengan waktu pembakaran yang optimal. Pada gambar dibawah menunjukkan proses pembakaran dalam mesin diesel.

Efek dari Variasi Fuel Injection Timing

Umumnya, diesel knocking terjadi jika timing injeksi terlalu awal. Jika timing terlalu mundur mengakibat tekanan maksimum di dalam silinder akan menurun, sehingga tenaga mesin (output) berkurang dan pemakaian bahan bakar boros.

[Diesel knocking]

Saat injection timing terlalu awal, bahan bakar yang diinjeksikan selama interval ignition delay jadi tertumpuk dan kemudian sekali terbakar semuanya. Ini mengakibatkan tekanan didalam silinder naik dengan tiba-tiba, dan tekanan yang keras secara bergelombang dan akan terdengar suara ketukan yang keras. Gejala ini disebut dengan diesel knocking.

Pemeriksaan dan Penyetelan Timing Injeksi Bahan Bakar

Injection pump digerakkan oleh injection pump drive gear atau air compressor drive gear, melalui timing gear disesuaikan dengan gerakan dari crankshaft, yang terhubung dengan piston. Injection pump timer mempunyai tanda yang menunjukan injection timing dari injection pump. Fuel injection timing distel dengan cara menepatkan posisi piston sehingga tepat saat mulai injeksi diset untuk fakta mesin dengan tanda pada flywheel, dan pemeriksaan dengan melihat jika tanda pada timer segaris dengan tanda pada pump body. Jika tanda tidak segaris, kendorkan baut coupling dan stel posisi pump sehingga tanda segaris.

Hati-hati Dalam Bekerja

  • Selama menepatkan tanda pada flywheel, pastikan untuk memutar timer searah putaran mesin untuk mencegah timing terlepas akibat dari timing gear backlash.
  • Jika tanda timing pada timer tidak tepat, periksa dan lihat apakah coupling laminate plate telah berubah bentuk atau tekanan yang tidak seharusnya pada suatu waktu. Kemudian, kendorkan baut coupling (adjusting bolt) dan luruskan tanda timing dengan memutar timer sesuai dengan putaran mesin sesuai urutan untuk mencegah timing lepas karena play

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *