Membaca Schematic Electric Caterpillar

Secara garis besar skematik adalah gambar yang menerangkan bagaimana sebuah sistim bekerja dengan menggunakan symbol dan garis. Schematic banyak digunakan technician untuk membantu dalam melakukan troubleshooting.

schematic

Pada schematic Caterpillar penggunaan symbol-simbol komponen sangat diperlukan, karena tidak memerlukan tempat yang luas untuk menggambarkan komponen tersebut. Contoh symbol-simbol diatas adalah secara umum yang dipakai oleh semua schematic Caterpillar.

Pemahaman dari cara kerja masing-masing komponen diatas sangat diperlukan dalam melakukan troubleshooting

 

Beberapa skematik Caterpillar terbaru menggunakan bentuk (format) baru dalam desain gambarnya. Format baru tersebut disebut PRO/E dan memberikan perubahan pada wire, konektor, komponen dan symbol splice. Perbedaan dari masing-masing perubahan tersebut akan dibahas seperti dibawah ini.

Wire Identification Labelnew schematic

Format baru dari label tersebut meliputi nomor label (169), kode identifikasi harness (H), nomor wire pada harness (5), kode warna (PK) dan ukuran wire (18).

 Catatan: kode-kode tersebut adalah contoh dari sistim identifikasi baru. Refer ke skematik yang terbaru untuk mendapatkan informasi lebih akurat.

Connector

connector identification

Format baru dari identifikasi konektor adalah kode identifikasi harness (H), identifikasi konektor assembly (C), identifikasi nomor konektor dalam harness (7), dan nomor bagian dari konektor/receptacle (3E3382).

Component

komponenFormat lama dari label komponen pada skematik ditunjukkan dengan nama dan nomor komponen. Pada skematik dengan format PRO/E terdapat huruf identifikasi harness(H), kode nomor seri (P12), dimana P singkatan dari “part” dan 12 adalah part nomor 12 pada harness H.

Splices

 

splices

Pada format PRO/E yang baru untuk splice ( sambungan ) menggunakan dua titik koneksi untuk identifikasi sisi wire bagian luarnya. Dibandingkan dengan format lama yang hanya mencantumkan satu titik untuk semua sambungan. Format baru ini menunjukkan pada harness “G”, wire “405-G9 GY – 16” disambungkan pada dua kabel “405 – G7 GY – 16” dan “405 – G14 GY – 16”

 

2 thoughts on “Membaca Schematic Electric Caterpillar

    • 29th November 2014 at 3:03 am
      Permalink

      thank you for your visit 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *