Mechanical Automatic Timer

Fungsi dan lokasi mechanical automatic timer

Bahan bakar akan terbakar pada saat pembakaran tunda (ignition lag) berakhir. Sudut crank (crank angle) dari pembakaran tunda akan semakin besar seiring dengan meningkatnya kecepatan putaran engine. Perubahan crank angle tersebut akan mengakibatkan terjadinya keterlambatan pembakaran (bahan bakar terbakar pada saat piston sudah turun ke bawah).

Keterlambatan pembakaran pada sebuah engine akan berakibat menurunnya performa engine dan efisiensi termalnya terlalu rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, maka waktu penginjeksian bahan bakar harus dimajukan.

Di bawah ini digambarkan beberapa contoh kurva pembakaran diesel engine.

pengaruh timing penginjeksian

Pada kurva (1) ditunjukkan kasus dimana saat injeksi terlalu awal dimana tekanan dan temperatur pada waktu itu masih rendah. Hal ini menyebabkan waktu tertundanya pembakaran (ignition lag) terlalu lama. Pembakaran terjadi terlalu awal, dan berakibat terjadinya tekanan tinggi secara tiba-tiba. Tekanan tinggi yang terjadi secara tiba-tiba tersebut menyebabkan turunnya effisiensi termal dan daya engine. Pada kurva (2) ditunjukkan kasus dimana pembakaran terjadi dengan baik, sehingga akan menghasilkan daya dan efisiensi termal yang tinggi pada engine. Pada kurva (3) ditunjukkan terjadinya keterlambatan pembakaran, meskipun waktu pembakaran tundanya (ignition lag) pendek, tetapi pembakaran terjadi pada saat piston sudah bergerak turun. hal ini akan berakibat menurunnya performa engine. Pada kurva (4) ditunjukkan kasus terjadinya waktu penginjeksiaan bahan bakar pada posisi piston tepat berada di Titik Mati Atas (TMA). Hal ini berarti pembakaran terjadi terlalu lambat.

Guna menjaga agar waktu pembakaran tundanya (ignition lag) selalu dalam kondisi optimal, maka pada sistem bahan bakar dilengkapi dengan sebuah komponen yang disebut Mechanical automatic timer. Mechanical automatic timer berfungsi untuk merubah sudut penginjeksian bahan bakar. Mechanical automatic timer biasanya digunakan pada pompa injeksi bahan bakar tipe in-line. Komponen ini dipasang pada bagian depan dari pompa injeksi bahan bakar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *