LOKASI KOMPONEN FUEL SYSTEM 320D

fuel pump 320DPiston-type fuel transfer pump (1) mengalirkan fuel dari tank ke main fuel pump. Fuel camshaft menggerakan fuel transfer pump. Apabila machine mengalami habis fuel atau setelah penggantian filter maka fuel priming pump (2) dapat digunakan untuk memancing fuel.

Untuk mempriming fuel, buka pengunci dari priming pump dengan cara memutarkan pump knob berlawanan arah dengan arah putaran jarum jam. Setelah melepaskan kunci knob selanjutnya operasikan pompa. Longgarkan air vent plug pada fuel filter manifold untuk mengalirkan fuel ke filter dan pada governor untuk mengalirkan fuel ke main pump dan fuel lines (akan didiskusikan kemudian).

fuel filter 320D

Fuel mengalir melalui filter sebelum masuk ke main fuel pump. Spin-on fuel filter harus selalu dirawat setiap interval waktu tertentu. Jika terdapat kotoran yang menyumbat fuel filter maka filter bypass valve akan terbuka sehingga fuel transfer pump akan mengalirkan fuel yang tidak disaring ke fuel main pump.

 PERHATIAN

 Jangan pernah menuangkan fuel ke dalam filter pada saat memasang filter baru. Untuk memastikan bahwa tidak terdapat fuel kotor yang masuk ke dalam fuel system saat penggantian filter maka gunakanlah fuel priming pump untuk memancing fuel. Pada saat memompa untuk memancing, bukalah air vent plug (panah) agar udara dapat mengalir keluar dari system. Pemompaan dihentikan saat fuel mengalir tanpa disertai dengan gelembung udara dari vent plug. Yakinkan untuk menampung fuel yang keluar dari air vent. Air vent plug dapat diganti dengan pressure gauge untuk mengukur tekanan fuel antara transfer pump dan filter.

main fuel pump

Main fuel pump (1) adalah in-line cam-type pump yang terdiri dari enam buah scroll-type fuel pumps (2) yang terpasang secara individual. Gear yang telah di-timing dengan engine crankshaft merupakan penggerak dari main fuel pump. Governor (3) melalui perantaraan fuel control rack mengontrol jumlah fuel yang akan dikirimkan oleh masing-masing fuel pump ke dalam cylinder.

Governor digerakan secara electro-mechanically melalui system cable dan pulley (4). Pada saat energized, shutoff solenoid (5) menggerakan fuel rack ke posisi FUEL OFF position tanpa dipengaruhi oleh throttle position.

CATATAN: Saat mem-priming fuel pump dan fuel lines longgarkanlah air vent plug (6). Hentikan Proses priming apabila fuel yang mengalir dari air vent plug sudah tidak mengandung gelembung udara. Yakinkan untuk selalu menampung fuel yang keluar dari air vent dengan menggunakan wadah dan buanglah di tempat yang telah ditentukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *