Intake & Exhaust System

Sistem saluran pemasukan udara dan pembuangan gas (intake & exhaust system) merupakan salah satu sistem pada diesel engine yang bekerja untuk menyalurkan udara segar/bersih ke dalam ruang bakar engine dan mengeluarkan gas hasil pembakaran ke udara bebas. Sistem ini memiliki beberapa komponen utama, seperti: pre cleaner, air cleaner, intake & exhaust manifold, mufller. Selain itu juga terdapat komponen-komponen penunjang, seperti: turbo charge, after cooler, dust indicator, dan lain-lain.

Berikut ini ditunjukkan gambaran umum dari sebuah sistem pemasukan udara dan pembuangan gas:

intake & exhaust system

Pada saat piston bergerak ke bawah guna melakukan langkah hisap (intake stroke), udara masuk kedalam ruang bakar dengan terlebih dahulu disaring oleh pre cleaner dan air cleaner. Untuk menambah jumlah udara yang masuk ke ruang bakar, maka pada sistem pemasukan udara dan pembuangan gas dilengkapi dengan turbocharger dan aftercooler.

Turbocharger berfungsi untuk memompa udara, sedangkan aftercooler berfungsi untuk mendinginkan udara agar kerapatannya bertambah.

Setelah terjadi pembakaran di dalam ruang bakar, maka akan timbul gas hasil pembakaran. Gas hasil pembakaran tersebut dikeluarkan ke udara bebas melalui saluran pembuangan gas intake manifold) dan muffler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *