Induksi diri (self induction)

Pada gambar berikut ini diperlihatkan bahwa switch, lilitan dan battery dihubungkan serie. Bila switch di-On-kan maka arus akan mengalir dan pada lilitan akan timbul garis-garis gaya.

induksi diri 1Ketika switch dibuka (off) dengan tiba-tiba hilang dan medan magnet akan turun tiba-tiba yang menyebabkan berbaliknya gaya gerak listrik, gaya gerak listrik yang berbalik akan aliran arus pada lilitan.dicegah agar tidak turun (tetap ada) dan disebut induksi diri (self Induction). Adapun tegangan yang terjadi akan berbalik seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini :

induksi diri 2Di dalam percobaan seperti pada gambar berikut ini, ketika switch dihubungkan dengan battery 6 volt, lampu tidak menyala. Tetapi jika switch dibuka dengan tiba-tiba lampu akan menyala sesaat. Makin cepat switch dilepas, makin terang nyala lampu tersebut. Hal tersebut membuktikan bahwa induksi diri di lilitan.

induksi diri 3

  • Mutual Induction (Induksi timbal balik)

Sebuah lilitan dihubungkan serie dengan switch dan battery. Lilitan S dengan jumlah lilitan yang lebih banyak didekatkan dengan lilitan P tersebut. Bila arus melewati lilitan P diputus dan dihubungkan maka akan menyebabkan gaya gerak listrik pada lilitan S seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini:

induksi diri 4

 

One thought on “Induksi diri (self induction)

  • 31st May 2016 at 1:59 pm
    Permalink

    Ada catatan untuk kode eror cat 320d.type CAT 0320 DCFAL 01086

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *