Hydraulik Tank

Tangki hidrolik berfungsi untuk menyimpan sejumlah oli. Pada saat system hidrolik tidak beroperasi, oli dalam tanki levelnya lebih tinggi dibandingkan pada saat beroperasi. Pada saat pengisian oli pada tanki, bisa saja walaupun sudah terlihat sudah penuh namun setelah dioperasikan levelnya akan turun.tangki hidrolik

Selain untuk menyimpan, karena tanki memiliki luas yang besar, tanki bisa menjadi alat pembuang panas yang berasal dari oli yang dibawa dari system. Pada bagian luar tanki terdapat penunjuk (sight gage) untuk melihat level oli di dalam tanki. Level tersebut bertuliskan ADD (tambah) dan FULL (penuh). Oli harus berada pada level diantara tanda ini.

pressurized tank

Ada dua jenis tangki hidrolik, yaitu tangki bertekanan (pressurized) dan tangki tidak bertekanan. Gambar di atas menunjukkan konstruksi bagian dalam tangki bertekanan. Bagian-bagiannya terdiri dari return screen yang berfungsi untuk menyaring kotoran-kotoran yang dibawa oli dari system. Baffles berfungsi untuk mengarahkan aliran oli dan memutar oli sehingga apabila ada kotoran-kotoran pada oli, ada banyak waktu untuk kotoran-kotoran itu mengendap dan tidak masuk pompa. Baffles juga berfungsi untuk mengurangi terjadinya gelembung-gelembung udara yang dapat merusak pompa. Ecology drain adalah lubang tempat pembuangan oli dan juga untuk membuang air yang sudah terpisah dengan oli. Filler screen berfungsi untuk menyaring kotoran dari luar pada saat pengisian oli.

Di atas tangki bertekanan dipasang vacuum relief valve yang fungsinya sama dengan fungsi radiator cap pada engine. Pada saat system hidrolik beroperasi, oli dari keadaan dingin menjadi panas. Oli yang panas akan memuai dan bertambah volumenya dan menekan udara di atas tangki. Sehingga tanki menjadi bertekanan. Tanki yang bertekanan akan membantu pompa menghisap oli. Apabila tekanan sudah mencapai batas tertentu maka sebagian udara dapat keluar melalui vacuum relief valve. Jika system hidrolik tidak bekerja dan lingkungan sekitar dingin. Oli akan menyusut dan volumenya berkurang. Udara di atas tangki akan memiliki tekanan yang lebih rendah dari tekenan udara luar. Sampai batas tertentu, udara bisa masuk ke dalam tangki melalui vacuum relief valve. Jangan membuka tangki pada saat oli masih panas atau dalam kondisi beroperasi karena tekanan di dalam tangki bisa berbahaya. Tunggu sampai oli sudah dingin dan buka perlahan-lahan tutup tangkinya.

iso symbol tank

Iso symbol untuk tanki adalah persegi panjang. Jika persegi panjang ini terbuka berarti tanki sebenarnya adalah jenis tidak bertekanan. Yang tertutup untuk tanki bertekanan. Saluran buang dan saluran hisap ke pompa digambarkan dengan garis-garis. Apabila garis ini menyentuh dasar tangki berarti lubang buka berada dibawah level oli. Sedangkan jika tidak menyentuh berarti berada di atas level oli.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *