Hydraulically actuated Electronic controlled Unit Injector (HEUI)

Sistem bahan bakar Hydraulic Electronic Unit Injector (HEUI) diperkenalkan pada engine Caterpillar 3126 pada tahun 1995 dan kemudian digunakan pada engine 3408E/3412E dan C-9 untuk meningkatkan fleksibilitas dalam pengaturan fuel delivery.

Engine Caterpillar EUI dan HEUI memiliki rancangan sistem elektronik yang mirip untuk tujuan diagnostik. Pada modul ini akan difokuskan pada sistem aktuasi injeksi hidrolik dan injector pada engine HEUI.

sistem heui

Sistem bahan bakar HEUI Caterpillar merupakan sistem bahan bakar yang diatur secara elektronik. Injection pump, saluran bahan bakar dan nozzle yang digunakan pada engine mekanikal digantikan dengan hydraulic unit injector pada setiap cylinder.

Komponen-komponen elektronik pada sistem bahan bakar HEUI mirip dengan yang digunakan pada sistem bahan bakar EUI. Akan tetapi, pada sistem HEUI, injector tidak digerakkan oleh camshaft.

pump heui

Pompa hidrolik tekanan tinggi yang menerima oli dari pompa pelumasan engine, mengalirkan oli untuk menggerakkan aktuator pada setiap injector. Injector ini diberi sinyal elektronik (sama halnya dengan sistem EUI) agar oli hidrolik bertekanan mengalir dan menggerakkan fuel plunger.

Komponen utama pada sistem bahan bakar HEUI terdiri atas hydraulic actuation pump, ECM, injector HEUI, harness, sensor dan switch.

Pada sistem bahan bakar HEUI juga terdapat sistem saluran bahan bakar bertekanan rendah yang diatur secara mekanis yang mirip dengan sistem EUI.

injector heuiUnit injector HEUI secara elektronik mirip dengan unit injector EUI. Injector diatur secara elektronik oleh ECM tetapi proses penekanan saat injeksi dilakukan secara hidrolik. Sinyal dari ECM akan mengatur membuka dan menutupnya solenoid valve. Solenoid valve mengatur aliran oli hidrolik bertekanan tinggi menuju injector. Pengaturan jumlah bahan bakar, timing dan injection actuation pressure (hydraulic supply pump pressure) dilakukan oleh ECM.

kurva pengaturan hydraulic injection pressure

Tekanan aktuasi hidrolik yang diinginkan (desired hydraulic actuation pressure) untuk penyemprotan bahan bakar tidak tergantung engine speed (kecepatan putar engine).

Berbagai kombinasi dari on-time dan tekanan kerja hidrolik terjadi yang akan menghasilkan jumlah bahan bakar yang disemprotkan kedalam ruang yang spesifik untuk setiap langkah injector. Karakter ini berguna saat mengoptimalkan performa, respon, emisi dan parameter lainnya.

Fitur ini membuat sistem HEUI unggul, tekanan injeksi dapat mencapai nilai maksimum tanpa pengaruh kecepatan putar engine. Tekanan injeksi maksimum normalnya diperlukan pada full torque speed. Karakteristik ini berbeda dengan pump & line system dimana tekanan proporsional (berbanding lurus) dengan kecepatan putar engine.

One thought on “Hydraulically actuated Electronic controlled Unit Injector (HEUI)

  • 19th September 2015 at 2:52 am
    Permalink

    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai elektronika . Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai elektronika yang bisa anda kunjungi di klik disini

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *