GERAK MAJU DAN MUNDUR

Engage dan disengaged

engaged dan disengaged

Kelebihan dari planetary gear system, untuk pemindahan kecepatan dengan cara yang sederhana yaitu cukup membuat engage dan disengage clutchnya. Semua gear sudah saling berhubungan satu sama lain (contoh: constant mesh). Hal ini memungkinkan untuk mengurangi kebisingan dari hubungan roda giginya pada waktu shifting. Apabila kita ingin clutch engage menahan ring gear. Berarti kita harus mengirimkan oil pressure dari

control valve untuk mendorong piston menekan disc dan plate. Disc dan plate tertekan akibatnya ring gear dan case akan tertahan putarannya. Akibatnya ring gear akan tertahan putarannya. Untuk merelease, kita alihkan oil pressurenya kembali ke control valve/tanki, sehingga piston akan kembali ke posisi semula dibantu dengan adanya return spring.

GERAK MUNDUR (REVERSE DRIVE)

Apabila ring gear ditahan (dengan mengengagekan reverse clutch ). Maka carrier akan berputar berlawanan dengan input shaftnya (sun gear).

gerak mundur

GERAK MAJU (FORWARD DRIVE)

Apabila sun gear ditahan(dengan mengengagekan forward clutchnya). Maka ring gear akan diputar lebih cepat searah dengan carrier.

gerak maju

PENGOPERASIAN CLUTCH

pengoperasian clutchUntuk menahan ring gear (7), maka digunakanlah susunan disk dan plate. Clutch terdiri dari piston (36), plates (38), discs (39), pins (42) dan piston return springs (37)

 

Clutch Engaged

Oli dari control valve mengalir melalui housing (35) ke bagian belakang piston (36). Piston menekan plates (38) dan disks (39) bersamaan, dan menghetikan ring gear (7).

 

 

clutch disengaged

Clutch disengaged

Ketika aliran suplay oli dari control valve dihentikan, piston (36) dikembalikan ke posisi semula oleh return spring (37), sehingga ring gear kembali bebas.

 

 

BALL CHECK VALVE

ball check valve

Gambar diatas menunjukkan salah satu tipe dari torqflow transmission yang mempuyai rotary clutch. Rotary clutch ini biasanya untuk speed 1, yang selalu berputar bersama-sama dengan output shaft tidak seperti clucth yang lainnya, sehingga oil pressure yang dikirim kepadanya (melalui shaft untuk kepentingan clutch) akan sulit untuk di drain kembali ke case oleh karena adanya gaya centrifugal. Oleh sebab itu diciptakan ball check valve yang berfungsi:

  • Menutup drain port saat ada oil pressure masuk sehingga maksud untuk engage clutch dapat terjadi dengan baik (tidak ada kebocoran).
  • Membuka drain port (karena adanya gaya centrifugal) sehingga oli tadi akan cepat keluar/drain dan clutch pun akan cepat pula untuk disengaged.

orifice rotary clutchSelain menggunakan ball check valve, pada tipe lain untuk mempercepat proses disengaged digunakan orifice sebagai pengganti ball check valve, sebagai contoh digunakan pada D375-5 (lihat gambar di atas).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *