Fungsi dan Klasifikasi Undercarriage

Fungsi Undercarriage

Undercarriage atau disebut juga sebagai kerangka bawah merupakan bagian dari sebuah crawler tractor yang berfungsi:

  • untuk menopang dan meneruskan beban unit ke tanah.
  • bersama-sama dengan sistem steering dan rem mengarahkan unit untuk bergerak maju, mundur, ke kanan, dan ke kiri.
  • sebagai pembawa dan pendukung unit.

undercarriage excavator dan bulldozerbiaya undercarriageJika dilihat dari fungsinya di atas, maka undercarriage adalah salah satu komponen yang sangat vital dari sebuah crawler tractor. Komponen-komponen undercarriage harus dilakuakan perbaikan atau penggantian (service) secara berkala, sebab jika tidak akan berakibat pada menurunnya performa alat tersebut, sehingga pengguna harus mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan undercarriage . Dari hasil penelitian dikatakan bahwa biaya perawatan undercariage sekitar 45%-60% dari total biaya perawatan alat.

Di bawah ini ditunjukkan sebuah struktur undercarriage assembly. Pada gamabar terlihat beberapa komponen-komponen undercarriage, seperti front idler, carrier roller, track chain assembly, track frame, track rollers, dan sprocket. Pada pelajaran 2 akan dibahas secara lebih mendalam dari masing-masing komponen tersebut.

undercarriage assembly

Klasifikasi Undercarriage

Undercarriage dapat diklasifikasikan kedalam dua tipe,yaitu: tipe rigid dan tipe semi rigid.

  • Tipe rigid

Pada undercarriage tipe ini, front idler tidak dilengkapi dengan rubber pad. Final drive juga tidak dilengkapi dengan rubber bushing dan equalizing beam hanya menempel pada main frame. Contoh unit yang menggunakan undercarriage tipe ini adalah bulldozer D80/85A dan D155A.

undercarriage tipe rigid

  • Tipe semi rigid

Tipe kerangka bawah ini pada track frame-nya dilengkapi dengan rubber pad dan pada sprocket dilengkapi dengan rubber bushing. Undercarriege tipe ini equalizing beam-nya diikat dengan pin pada frame utama (Main frame).

tipe semi rigid

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *