Final drive

final drive 777D

1. Final drive magnetic inspection plug

Rear axle dilengkapi dengan planetary-type final drive. Putar final drive sampai posisi cover dan plug seperti pada gambar (15). Level oli final drive di periksa dan diisi dengan cara membuka magnetic plug (1). Oli harus se-level dengan bagian bawah dari lubang plug. Isi rear axle housing dengan oil sebelum mengisi oli final drive. Perlu waktu agar oli dapat mengalir ke seluruh bagian final drive. Kurang lebih selama 20 menit dengan oli dingin.

2. Drain plug

Oli dapat di-drain dengan cara membuka drain plug (2).

  •  Periksa magnetic plug dari logam
  • Periksa secara mingguan

 Magnetic plug seharusnya dibuka dan diperiksa secara mingguan dari partikel logam. Pada beberapa kondisi, pemeriksaan magnetic plug adalah satu-satunya cara untuk mengidentifikasi problem yang kemungkinan terjadi.

  •  Gunakan hanya oli TDTO

Gunakan hanya Transmission Drive Train Oil (TDTO) dengan spesifikasi TO-4 atau yang terbaru. TDTO TO-4 oil menyediakan:

  • Kemampuan menahan gesekan secara maksimum untuk gear.
  • Meningkatkan kemampuan pelumasan pada bearing.

Jika terjadi kerusakan, lakukan flushing semua bagian axle setelah melakukan perbaikan.

PERHATIAN:

Rear axle mengunakan oli yang sama untuk differential dan kedua final drive. Jika final drive atau differentian mengalami kerusakan, komponen final drive yang lain juga harus diperiksa dari kontaminasi dan harus di-flushing. Jika ada bagian yang tidak ter-flushing setelah terjadi kerusakan kemungkinan kerusakan yang sama akan terulang lagi dalam waktu yang singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *