Filter Bahan Bakar (Fuel Filter)

Bahan bakar yang digunakan pada diesel engine kadang mengandung material-material asing yang tidak diinginkan, seperti debu, kotoran, air dan lain-lain yang dapat mengganggu sistem bahan bakar.

Material-material asing tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu sebelum tersebut mengalir ke dalam pompa injeksi bahan bakar. bahan bakar Material-material asing seperti debu, pasir, air dan lain-lain dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen yang bergerak (sliding parts) pada pompa injeksi bahan bakar dan pada injection nozzle. Air yang terkandung di dalam bahan bakar juga dapat mengakibatkan terjadinya karat pada komponen.

Filter bahan bakar terdiri atas case dan elemen penyaring (filter element). Elemen penyaring yang umum digunakan berbahan kertas.

Ketika terjadi kebuntuan pada filter bahan bakar, maka tekanan bahan bakar di filter akan tinggi. Hal ini akan menyebabkan overflow valve bekerja (bahan bakar mendorong ke atas ball valve) dan sebagian dari bahan bakar dikembalikan ke tanki bahan bakar. Ketika udara bercampur dengan bahan bakar, udara dibuang ke tanki bahan bakar melalui overflow valve.

filter bahan bakar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *