Diesel Engine Oil

Caterpillar menggunakan sistem klasifikasi oli API (America Petrolium Institute) dan spesifikasi Cat ECF-1 dalam menentukan pelumas untuk Cat diesel engine. API sistem ditentukan oleh serangkaian pegujian operasi engine dan pengetesan di test bench. Sedangkan spesifikasi Cat ECF-1 mencakup adanyabeberapa pengujian tambahan dan pengujian batasan kimiawi.

API mengatur lisensi dan melakukan program sertifikasi untuk pelumas engine diesel dan bensin. Oli yang memenuhi unjuk kerja API dapat mencantumkan API simbol sebagai bukti telah lolos uji sertifikasi.

cat oil

  • Oli kategori API “S” adalah oli yang di desain untuk engine gasoline (bensin). “S” adalah singkatan dari spark yang berarti percikan api. Karena motor bensin menggunakan percikan bunga api dari busi untuk menyalakan pembakaran.
  • Oli kategori API “C” adalah oli yang di desain untuk engine diesel alat berat.

“C” adalah singkatan dari compres yang berarti tekanan. Karena motor diesel menggunakan kompresi untuk menghasilkan panas yang menyalakan pembakaran.

  • Oli universal dengan kategori “C” dan “S” dapat digunakan baik pada diesel maupun gasoline.

Table dibawah ini menunjukan kemajuan dalam pengujian oli yang pada klasifikasi tiga oli engine terakhir yang dilakukan oleh API.

Perkembangan API service secara general dari mulai pertama di buat sampai yang terakhir bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

cat api

Oli diesel engine klasifikasi CI-4 telah memenuhi lima pengujian yang dilakukan. Dua pengujian diantaranya dibuat oleh Caterpillar. Pengujian Cat dirancang untuk menguji kemampuan oli dalam mengontrol deposit dan menjaga agar konsumsi oli tetap berada pada level yang dapat diterima. Pembuat engine yang lain biasanya juga membuat pengujian tambahan untuk klasifikasi API yang telah ada.

Gambar dibawah menunjukan contoh piston yang telah melalui pengujian oleh Caterpillar.

cat piston

Secara ideal klasifikasi API harus mampu menyediakan oli untuk semua diesel engine modern. Tetapi banyak pembuat diesel engine masih membutuhkan oli dengan unjuk kerja yang lebih tinggi. Karena itulah maka para pembuat engine diesel masih mengeluarkan spesifikasi khusus untuk engine yang mereka buat dengan kode spesifikasi khusus seperti tampak pada tabel dibawah ini.

api ci 4

Caterpillar DEO secata khusus dibuat untuk memenuhi kebutuhan dari diesel engine Caterpillar dengan unjuk kerja yang tinggi. Cat DEO harus memenuhi semua persyaratan terakhir yang digariskan oleh spesifikasi API, Cat ECF-1 dan lulus dari serangkain pengujian yang dilakukan pada engine Cat. Pengujian pada unjuk kerja oli dilakukan baik pada engine yang diaplikasikan di on-highway maupun offhighway.

cat deo

Cat DEO tersedia baik yang menggunakan konvesional base stocks ataupun full synthetic base stocks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *