Diagnosa Komunikasi dengan Cat ET

Sumber masalah komunikasi dapat dikelompokkan dalam lima hal, seperti berikut ini:

  • Communication Adapter           Hardware atau software
  • Cables                                      Open atau short circuit
  • PC                                            Masalah pada Komputer, hardware atau software
  • Cat ET Preferences                   Preferences tidak diset dengan benar
  • Application System                  Power supply, data link wiring, connector, fuse, ECM problem, flash file

PC driver terpasang secara otomatis saat instalasi Cat ET software.

Flash file (firmware) juga dimuat kedalam PC oleh Cat ET software, akan tetapi biasanya pada saat instalasi akan ditanyakan apakah akan disertakan atau tidak pada saat instalasi.

CATATAN: Jangan dibingungkan dengan penyimpanan flash file software (firmware) dan proses flashing.

Perhatikan tanda-tanda kerusakan pada konektor dan body-nya. Ganti dengan alat lain bila memungkinkan, untuk memastikan problem.

Periksa alat dari kerusakan fisik, lihat pin dan konektornya.

troubleshooting et

Periksa apakah terdapat arus listrik menuju Comm Adapter II, dengan cara memperhatikan lampu suplai tenaga (power, panah).

Problem yang paling umum adalah keyswitch. Keyswitch harus di-ON-kan dan panel warning light (lampu peringatan pada panel) menunjukkan adanya arus menuju sistem.

troubleshooting et 2

Data link cable terkini tahan terhadap kemungkinan kelemahan dibandingkan dengan jenis sebelumnya. Jenis ini telah diperkuat pada sekitar connector (panah) cable entry.

Kerusakan pada cable dapat menyebabkan dua masalah dasar: tidak ada arus menuju Communication Adapter, yang mengarah ke tidak adanya komunikasi, atau data link problem yang juga menyebabkan tidak terjadi komunikasi.

Metoda sederhana untuk men-troubleshoot kabel adalah dengan cara menukar kabel dengan kabel yang lain yang sama.

Bila digunakan kabel yang bukan data link cable standar dengan CAN data link, dan lebih panjang dari spesifikasi normal, CAN communication problem dapat terjadi.

CATATAN: Communication Adapter I data link cable yang lebih panjang dapat digunakan dengan Communication Adapter II. Akan tetapi, CAN tidak akan berfungsi karena CAN connection tidak terdapat pada kabel jenis ini.

troubleshooting et 3

Karena berbagai sebab, comm port dapat menjadi tidak aktif. Sebagai contoh, Palm Pilot computer atau Smart Board software saat dipasang pada Laptop computer dapat menyebab- kan comm port menjadi tidak aktif untuk Cat ET communication. Infrared port dapat pula menyebabkan konflik dengan comm port. Atau karena memang comm port belum diaktifkan sebelumnya.

USB/Serial Adapter driver dipasok bersama dengan adapter. Software ini harus dipasang sebelum mengunakan adapter. Juga periksa pemilihan comm port untuk adapter pada Cat ET preferences. USB adapter akan menggunakan port yang berbeda dengan yang diguna- kan serial cable sebelumnya.

Kadang-kadang saat menggunakan Dataview akan terjadi konflik antara Cat ET dengan PC Comm Port. Bila digunakan driver Dataview yang terbaru, hal ini tidak akan terjadi.

troubleshooting et 4

Saat men-troubleshoot masalah komunikasi antara PC dan Cat ET, layar/tampilan informasi diatas dapat berguna. Informasi pada layar memberikan sumber informasi mengenai PC dan sistem aplikasi

Tekan Ctrl + I untuk mengakses informasi diatas.

Kemungkinan lain dari timbulnya masalah komunikasi adalah pemilihan Communication

Adapter atau comm port yang tidak tepat.

CATATAN: Bila USB adapter dipasang pada serial cable, perubahan pada preferences harus dilakukan untuk pilihan comm port yang baru. Baud rate juga perlu diubah bila Communication Adapter I digunakan dengan USB adapter.

Preferences juga dapat dipilih melalui menu Communication Adapter Toolkit, tanpa menjalan kan program Cat ET saat troubleshooting.

Bila keyswitch pada posisi OFF, ECM tidak akan di-energize dan komunikasi tidak akan terjadi. Service Tool Connector tidak mendapatkan suplai arus untuk Communication Adapter (ini ber variasi tergantung application wiring arrangement).

Pastikan pula battery master switch pada posisi ON.

Kesimpulan:

~      ECM dan Service Tool Connector (untuk Communication Adapter) harus mendapatkan suplai arus agar dapat berkomunikasi.

~      ECM harus mempunyai flash file yang benar agar dapat berkomunikasi. Gunakan WinFlash untuk memastikan file ini ada dan tidak rusak.

~      Bila tegangan dari battery melebihi 40 Volt, ECM akan dimatikan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut. Kondisi ini dapat disebabkan kerusakan pada alternator voltage regulator.

~      Tegangan sirkuit yang tinggi (>40 volt) akan menyebabkan engine mati (shutdown) dan terjadi kegagalan komunikasi dengan Cat ET.

One thought on “Diagnosa Komunikasi dengan Cat ET

  • 2nd July 2015 at 5:09 am
    Permalink

    Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul ” Diagnosa Komunikasi dengan Cat ET “.
    Saya juga mempunyai E-book yang Pengertian Komunikasi/Definisi Komunikasi judul artikel yang anda buat. E-book Komunikasi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *