DASAR SISTEM AIR CONDITIONING

dasar pendingin 1

Pada gambar di atas terlihat sebuah tabung (flask) berisi refrigerant HFC-134a yang terbuka terhadap suhu ruangan. Tabung (Flask) terbuka ini akan berfungsi seperti evaporator dalam sistem air conditioning. Pada saat berada dalam tekanan atmosfir (101,35 kPa), HFC-134a mendidih pada suhu -27° C (-16° F). Panas dalam ruangan mengakibatkan refrigerant mendidih. Saat refrigerant mendidih, panas akan diserap dari daerah sekitar dan berkurangnya panas membuat area sekelilingnya menjadi dingin. Namun sistem sejenis ini tidak baik secara ekonomi dan juga tidak baik untuk atmosfer.

dasar pendingin 2

Pada gambar di atas terlihat sebuah kompresor dan sebuah tabung bertekanan tinggi dan sebuah tabung bertekanan rendah. Saat refrigerant cair mendidih, gas ditarik melalui selang kedalam kompresor. Kompresor kemudian akan meningkatkan tekanan dan suhu gas akan mendorongnya ke dalam tabung bertekanan tinggi. Karena suhu gas bertekanan tinggi lebih tinggi dari suhu daerah sekelilingnya maka panas akan mengalir dari gas ber-tekanan tinggi ke area sekelilingnya. Gas bertekanan tinggi kemudian menjadi dingin dan berubah menjadi zat cair bertekanan tinggi.

dasar pendingin 3

Sistem di atas dapat dilengkapi dengan menambahkan sebuah selang untuk menghubungkan tabung cairan bertekanan tinggi ke tabung cairan bertekanan rendah. Sebuah orifice (lubang kecil) dipasang dalam selang untuk mempertahankan perbedaan tekanan diantara cairan bertekanan tinggi dan cairan bertekanan rendah.

Pada saat tabung berisi cairan refrigerant bertekanan rendah mendidih, panas dari area sekelilingnya akan diserap. Gas refrigerant bertekanan rendah ditarik melalui selang kedalam kompresor. Kompresor meningkatkan tekanan dan suhu gas serta mendorongnya ke dalam tabung bertekanan tinggi. Panas dari gas yang bertekanan dan bersuhu tinggi akan berpindah ke daerah sekitar yang lebih dingin sehingga gas bertekanan tinggi menjadi dingin dan berkondensasi menjadi cairan bertekanan tinggi. Cairan refrigerant bertekanan tinggi mengalir melalui sebuah selang dan orifice menuju tabung cairan refrigerant bertekanan rendah. Cairan refrigerant bertekanan rendah mendidih dan mengulangi siklus di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *