AIR INDUCTION AND EXHAUST SYSTEM 320D

air cleaner 320DUdara mengalir melalui air filter kering type canister sebelum tiba di turbocharger. Filter udara berada di belakang pintu akses bagian sebelah kiri dari engine.

dust indicator 320DKotoran yang menyumbat elemen filter dapat menurunkan unjuk kerja dari engine. Air filter indicator (tanda panah) akan memberi tahu apabila air filter membutuhkan perawatan. Apabila diperlukan penggantian dari air filter maka air filter indicator akan menunjukan warna merah pada jendela indicatornya.

turbocharger 320D

Setelah melalui air filter selanjutnya udara memasuki sisi inlet (impeller) dari turbocharger (1). Turbocharger selanjutnya mendorong udara menuju inlet manifold dan masing-masing ruang silinder pada saat intake stroke.

Setelah proses penyalaan, exhaust valve membuka dan piston akan mendorong gas sisa sisa pembakaran keluar dari ruang bakar melalui exhaust manifold (2) kemudian menuju sisi exhaust (turbine) dari turbocharger. Momentum yang dimiliki oleh gas buang saat langkah exhaust akan memutarkan turbin sekaligus juga menyebabkan impeller akan mendorong lebih banyak lagi udara ke inlet manifold.

Besarnya tekanan udara yang berada di intake manifold dikenal dengan sebutan “boost” pressure. Boost pressure bisa memberikan indikator dari unjuk kerja engine. Apabila boost pressure rendah maka engine tidak akan mampu menghasilkan rated horsepower saat kondisi full load. Demikian juga apabila engine tidak menghasilkan rated horsepower saat kondisi full load maka boost pressurenya juga akan rendah (walaupun problem yang ada tidak terjadi pada intake & exhaust system.

heater 320DSaat musim dingin, terkadang diesel engine sulit untuk dihidupkan karena proses langkah kompresi tidak mampu memanaskan udara dingin guna menghasilkan pembakaran. Untuk memudahkan engine engine start pada saat musim dingin engine 3066 dapat dilengkapi dengan inlet manifold air heater (tanda panah). Jika alat tersebut dipasang maka heater akan memanaskan inlet manifold dan udara yang melewatinya sebelum udara tersebut memasuki cylinder.

key switch 320D

Memutar key switch ke arah kiri (tanda panah) akan mengaktifkan inlet manifold heater. Setelah memanaskan udara di inlet manifold selama kurang lebih 30 detik maka lampu indikator di control panel akan menyala. Setelah lampu tersebut menyala operator hendaknya menghidupkan engine. Inlet manifold heater hanya bekerja saat key switch di posisi kiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *