Air Cleaner

air cleanerAir cleaner berfungsi sebagai alat pembersih udara, sehingga debu, pasir dan kotoran yang berukuran sangat kecil dapat dipisahkan terlebih dahulu sebelum masuk ke ruang bakar. Kotoran, debu dan pasir yang ada di atmosfir merupakan substansi keras yang akan menyebabkan kerusakan pada silinder dan piston pada engine dimana debu keras tersebut terhisap bersama-sama dengan udara.

Beberapa variasi tipe dari air cleaner tersedia yang disesuaikan dengan kondisi dan fungsinya masing-masing. Terdapat berbagai macam tipe air cleaner, diantaranya sebagai berikut : Dry type, Viscous type, Oil bath type, Cyclone type, dan Combination type.

Air cleaner tipe kering (Dry type air cleaner)

Untuk memperoleh area penyaringan yang besar, lembaran kertas (filter paper element) atau kain (Unwooven cloth element) digunakan sebagai elemen pada air cleaner tipe ini. Elemen harus dilakukan pembersiahan dan penggantian pada interval waktu yang telah ditentukan.

air cleaner tipe kering

Viscous type air cleaner

viscous air cleanerKertas filter yang mengandung oli (oli melekat pada permukaan kertas) digunakan sebagai elemen penyaring pada air cleaner tipe ini. Viscous type air cleaner pada dasarnya sama dengan air cleaner tipe kering.

Kotoran-kotoran dari luar akan menempel pada dinding-dinding kertas filter yang mengandung oli. Jumlah kotoran yang dapat tersaring oleh filter tipe ini lebih banyak dibandingkan dengan filter tipe kering.

Air cleaner tipe ini menggunakan elemen yang bebas peawatan (free          maintenance    element),            tidak perlu dilakukan pembersihan seperti pada air cleaner tipe kering. Tetapi pada jangka waktu tertentu harus dilakukan penggantian.

Oil bath type air cleaner

oil bath air cleanerAir cleaner tipe ini memilki sebuah penampung oli di dalamnya. Udara yang terhisap masuk ke dalam air cleaner memukul permukaan oli, dan oli “menagkap” kurang lebih 90% kotoran yang terdapat pada udara. Pada waktu yang bersamaan oli ikut tersembur ke elemen penyaring, hal ini menyebabkan kotoran-kotoran yang ikut di dalam udara menempel pada elemen tersebut.

Air cleaner ini dapat digunakan secara terus-menerus karena elemennya tidak pernah rusak. Cocok digunakan pada daerah yang berdebu.

 

Cyclone type air cleaner

Air cleaner tipe Cyclone, bekerja memisahkan anatara kotoran dan udara bersih dengan cara memanfaatkan gaya sentrifugal dari udara yang dihasilkan oleh bentuk yang spesial (cyclone) dari air cleaner.

Air cleaner tipe cyclone ini digunakan sebagai pre cleaner. Pre cleaner merupakan saringan udara awal dari lingkungan sekitar yang akan disalurkan ke air cleaner dan selanjutnya menuju ruang bakar. Dikarenakan pre cleaner tersebut merupakan saringan awal, maka partikel-partikel yang dapat disaringpun berukuran relatif lebih besar jika dibandingkan dengan partikel-partikel yang nanti tersaring pada air cleaner. Partikel-partikel yang dapat merusak komponen-komponen engine, seperti debu, pasir, dan partikel-partikel abrasif lainnya akan dibuang ke luar oleh pre cleaner ini.

cyclone air cleanerPre cleaner tipe ini memiliki berbagai macam variasi/tipe, dimana salah satunya adalah tipe multi-cyclone pre cleaner with dust discharge. Pre cleaner tipe ini di dalamnya terdiri dari beberapa komponen pemutar udara (cyclone).  multi cyclone pre cleaner Saat udara akan masuk ke dalam ruang bakar akan diputar oleh komponen tersebut. Udara yang diputar tersebut akan mengakibatkan kotoran-kotoran yang ada akan terlempar ke luar dan tertampung di bagian bawah daripada pre cleaner. Pre cleaner dihubungkan dengan muffler melalui sebuah pipa penghisap, jadi pada saat engine mengeluarkan gas buang melalui muffler, debu-debu tersebut          akan     ikut keluar bersama gas buang.

Combination type air cleaner

combination type air cleanerAir cleaner tipe kombinasi ini merupakan gabungan antara pre cleaner yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya. dan main cleaner (dry type, viscous type atau oil bath type). Efisiensi untuk air cleaner tipe ini sangat tinggi, hingga mencapai 99,9%. Dengan adanya pre cleaner, maka kerja dari elemen pada main cleaner cukup ringan, sehingga akan memperpanjang umur dari elemen.

 

 

evacuator valvePada air cleaner tipe kombinasi ini dilengkapi dengan evacuator valve yang berfungsi untuk membuang kotoran. Kotoran akan tertampun pada evacuator selama engine hidup dan akan dibuang keluar pada saat engine berhenti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *